Kebakaran Hutan Sangat Berbahaya bagi Kesehatan Pernapasan

Kebakaran Hutan dengan pembakaran hutan harus dibedakan secara jelas, kebakaran hutan cenderung tidak disengaja. Pembakaran identik disengaja pada suatu lokasi dan luasan yang ditentukan. Gunanya untuk membuka lahan, meremajakan hutan atau mengendalikah hama. Kebakaran hutan menjadi penyumbang terbesar deforestasi. Bahkan jika dibandingkan dengan illegal logging, kebakaran hutan masih lebih besar. 
Kebakaran Hutan Sangat Berbahaya bagi Kesehatan Pernapasan
Kebakaran Hutan Sangat Berbahaya bagi Kesehatan Pernapasan. (foto: suaramerdeka.com)
Penyebabnya sendiri dipengaruhi oleh dua sebab, yakni penyebab alami dan manusia. Kebakaran hutan secara alami bisa dipicu oleh petir, lelehan lahar gunung berapi dan gesekan antar pohon. Ketika kekeringan yang panjang, gesekan pohon dan petir bisa berubah menjadi kebakaran. Di hutan-hutan subtropics seperti Amerika Serikat dan Kanada, dua penyebab tersebut sering memicu kebakaran. 

Selain penyebab alami, kegiatan manusia pun menjadi pemicu utamanya. Kebakaran secara sengaja ketika membuka lahan untuk eksploitasi sumber daya alamnya. Sedangkan kebakaran yang tidak sengaja cenderung karena kelalaian manusia seperti lupa mematikan api saat membakar sampah, membuang puntun rokok yang masih menyalan dan segala bentuk kelalaian lainnya. Semoga Bermanfaat. 
Previous
Next Post »