Jika ingin bahagia (Sukses) jangan jadi karyawan

"Jika ingin bahagia (Sukses) jangan jadi karyawan" ini merupakan salah satu pesan Bob Sadino atau yang akrab di panggil Om Bob, penasaran kepada beliau mempunyai argumen seperti itu, berikut ini penjelasannya.

Di salah satu seminar beliau pernah menyatakan statement yg membuat gemuruh peserta adalah, bahwa 'jika ingin bahagia (sukses), jangan jadi karyawan'. Padahal peserta dari seminar itu adalah sebagian besar adalah karyawan, bayangkan!
Jika ingin bahagia (Sukses) jangan jadi karyawan
Bob Sadino
Statement beliau ini menurut aku, tidak salah. Namun juga tidak sepenuhnya benar. Kebahagian dan kesuksesan itu tidak semata-mata diukur dari banyaknya materi, dan apa profesi seseorang. Lalu apakah hidup sebagai karyawan itu tidak bahagia? Tidak juga. Banyak karyawan yg bahagia dengan segala kondisinya. Tentu parameter kebahagian berbeda, beda setiap orang.

Apakah statement ini salah? Tidak juga. Memang peluang mencapai kebahagian dengan keberlimpahan materi akan lebih terasa jika kita menggapainya melalui bisnis, melalui dagang dan sukses. Tetapi tidak sedikit juga pengusaha yg terlilit hutang dan akhirnya sengsara. Sekali lagi pilihan sukses dan bahagia itu bergantung yg menjalani. Tentu dengan konsekuensi masing-masing memang dengan berbisnis, peluang seseorang untuk mencapai puncak kebahagian jauh lebih terbuka.

Previous
Next Post »