Lima Cara Cegah Alergi Pada Ibu Hamil


Ibu hamil memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah daripada ibu yang tidak hamil. Karena itu, rentan terhadap berbagai penyakit, diantaranya rhinitis. Rhinitis atau rhinitis alergi merupakan kondisi radang pada hidung yang menyebabkan symptom seperti pilek, bersin, dan hidung tersumbat. Sekilas mirip dengan pilek biasa, namun yang membedakan adalah durasinya yang lebih lama.

Rhinitis memang tidak mematikan, tapi jelas akan sangat mengganggu bagi ibu hamil. Ibu hamil harus selalu menjaga kesehatannya demi kesehatan janin di dalam kandungannya. Berikut cara untuk mencegah alergi pada ibu hamil.

Jauhi lingkungan yang tidak sehat
Pada dasarnya alergi tidak akan kambuh selama tidak bersinggungan dengan alergennya. Jadi ibu hamil sebaiknya tetap berada di lingkungan yang sehat. Hindari asap dan polusi, debu, dan tidak memakan makanan yang beresiko alergi.

Konsumsi makanan bergizi
Mengkonsumsi makanan bergizi berarti memberikan tubuh asupan zat gizi untuk memperkuat imunitas. Bukan hanya asam folat yang dibutuhkan selama hamil, walau pentingnya asam folat untuk ibu hamil dan mau hamil tidak dapat dipungkiri lagi.  Makanan tinggi vitamin C akan memperkuat daya tahan tubuh dari kemungkinan alergi. Sementara zat gizi lainnya akan membuat tubuh lebih sehat dan memperkecil kemungkinan jatuh sakit.

Jauhi sumber allergen
Debu, asap, dan dingin adalah sumber allergen yang umum. Cobalah sebisa mungkin untuk menghindari ketiganya. Pakailah masker jika Anda ingin keluar rumah menggunakan motor. Bersihkan rumah secara teratur dan pakailah masker saat Anda sedang mengeluarkan isi kantong vacuum cleaner. Jika ada di antara anggota keluarga Anda yang alergi makanan laut, sebaiknya hindari juga makanan tersebut

Cuci barang-barang yang berpotensi menyimpan debu secara berkala
Misalnya gorden, boneka, dan karpet bulu. Bersihkan karpet dan tempat tidur menggunakan vacuum  cleaner.  Jangan menggantung terlalu banyak baju dan tas di belakang pintu kamar, karena berpotensi menyimpan debu.

Karena selalu ada resiko terkena rhinitis alergi ibu hamil tetap harus dijaga. Kondisi ibu akan berpengaruh pada bayi yang dikandungnya. Maka untuk menjaga kesehatan janin, ibu juga harus memperhatikan kesehatannya sendiri.

Post a Comment

0 Comments