Cara Membuat Kolak Singkong Istimewa untuk Keluarga

 Kali ini kita akan membahas tentang singkong. Singkong yang merupakan salah satu umbi-umbian ketersediaannya sangat melimpah di Indonesia. Singkong tidak hanya mudah diolah sebagai bahan makanan tambahan yang beragam, bahkan di beberapa daerah juga dijadikan sebagai bahan pangan pokok. Karena kandungan karbohidratnya dua kali lipat lebih banyak dari kandungan karbohidrat pada kentang. 

Selain sebagai makanan yang lezat dan nikmat, singkong memiliki segudang manfaat. Diantaranya dapat dijadikan sebagai penambah energi karena kandungan kalorinya yang tinggi, memiliki kandungan serat yang berguna untuk mencegah sembelit, membantu mengendalikan kadar gula darah, bahkan singkong juga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kulit dalam pembentukan kolagen. Namun Anda tidak boleh mengkonsumsi singkong dalam keadaan mentah, karena singkong mentah mengandung racun sianida yang sangat berbahaya bagi tubuh. Memasak singkong atau mengolahnya menjadi berbagai kudapan dapat menghilangkan racun yang ada pada singkong. Kali ini penulis akan membagikan tips mengolah singkong menjadi kolak yang empuk dan lezat.


Kolak merupakan salah satu kudapan yang digemari oleh semua jenjang umur, tua maupun muda. Ketika bulan puasa kolak banyak dijadikan sebagai takjil untuk melengkapi menu berbuka puasa. 
Cara bikin kolak singkong juga sangat sederhana dimana singkong dipotong-potong ukuran kecil, dimasak, kemudian dicampur dengan gula dan kuah santan. Sangat sederhana bukan? Namun dibalik kesederhanaannya ini memasak singkong butuh kejelian untuk menghasilkan kolak yang empuk, lembut dan lezat. 

Resep untuk memasak singkong bisa berbeda-beda tergantung selera. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kolak dan tips yang perlu Anda perhatikan saat memasak kolak.

  1. Untuk membuat kolak singkong ukuran empat porsi, siapkan 2 buah singkong ukuran sedang kemudian dikupas dan dipotong - potong sesuai selera. Pada saat memilih singkong, Anda dapat mematahkan ujung singkong, jika terlihat warna kebiruan atau hitam, itu bukan singkong yang baik untuk dipilih karena bisa menandakan singkong tersebut telah lama disimpan. Jangan juga memilih singkong yang memiliki lingkaran hitam pada dagingnya. Pilihlah singkong yang mudah dipatahkan karena biasanya memiliki tekstur yang empuk ketika diolah.

  2. Panaskan 500 ml air sampai mendidih kemudian masukkan potongan - potongan singkong, tunggu sampai setengah matang, kemudian ditiriskan.

  3. Panaskan lagi 300 ml air tunggu sampai mendidih kemudian masukkan 200 gram gula aren yang telah dihancurkan terlebih dahulu dengan cara digerus atau ditumbuk . Masukkan juga 3 lembar daun pandan. Aduk secara perlahan sampai mendidih.  Jika Anda menginginkan kuah kolak lebih kental, penambahan ½ sendok makan tepung maizena juga dapat menjadi pilihan yang tepat. 

  4. Masukkan 100 ml santan kental dan singkong yang sudah ditiriskan secara bersamaan kemudian diaduk lagi secara perlahan sampai matang. Jangan lupa gunakan api kecil sampai sedang agar larutan bahan dapat tercampur sempurna. Sebagai pilihan, Anda bisa menambahkan beberapa bahan lain seperti pisang, nangka, kolang-kaling, dan bahan-bahan yang lain untuk menambah cita rasa dan variasi kolak yang dibuat. Jangan lupa sesuaikan waktu pencampuran bahan tambahan tersebut sesuai teksturnya masing-masing, supaya tidak terlalu lembek maupun masih mentah ketika singkongnya matang. 

  5. Kolak siap untuk disajikan sebagai santapan yang lezat. 

Kebayang dong ya bagaimana gurih dan manisnya kolak singkong sederhana ini untuk menambah suasana hangat di dalam keluarga. Kolak singkong yang sudah jadi bisa dinikmati dalam keadaan hangat ataupun bisa dinikmati dalam keadaan dingin dengan cara menambahkan es batu. 


Post a Comment

0 Comments